Primata dari Pulau Borneo

Pulau Kalimantan yang di kuasai oleh kedua Negara Indonesia dan Malaysia memang kaya akan flora dan fauna. Di pulau Kalimantan banyak sekali terdapat banyak sekali hewan primate salah satunya adalah Bekatan.

Bekatan yang merupakan salah satu hewan endemik pulau kalimatan. Sekitar 77.000 ekor popolasi yang hidup di pulau Kalimantan terancam punah. Banyaknya penebangan hutan, pembakaran hutan membuat populasi Bekatan semakin menurun. Oleh karena itu Bekatan termasuk hewan yang dilindungi.

Berbeda dengan jenis kera lainnya, bekatan memiliki keunikan tersendiri. Pada umumnya kera sangat takut sekali dengan air, namun bekatan justru pandai sekali berenang. Dengan kepandaian berenang tak jarang bekatan menjadi sasaran empuk pemangsa seperti buaya.



Bekatan memiliki ciri berhidung panjang dengan rambut kemerah-merahan. Untuk membedakan antara bekatan betina dan jantan sangat mudah sekali. Bekatan jantan memiliki hidung yang lebih panjang daripada betina dan memiliki berat badan lebih berat daripada betina. Ukuran tubuh bekatan janta rata-rata Tinggi 76 cm dan berat tubuh 24 kg, sedangkan untuk bekatan betina memiliki tinggi 36 cm dan berat 12 kg.
Satu kelompok bekatan akan menghuni 1 pohon untuk didiaminya. Bekatan tidak dapat jauh dengan sumber air. Karena itu mereka biasa ditemui di sekitar rawa-rawa dan sungai.

Keunikan lainnya dari bekatan adalah perutnya yang buncit, ini disebabkan karena mereka sering sekali makan. Konsumsi makanan yang berlebihan membuat perut bekatan membuncit bias dikatakan bekatan termasuk hewan rakus.

Setelah remaja bekatan akan memisahkan diri dari kelompok lamanya, dan berkumpul dengan bekatan remaja lain yang nantinya akan membuat kelompok baru.

0

Posting Komentar

Site Info

Free PageRank Checker