Kerajaan Kutai Sebagai Pembuka Sejarah Indonesia


Kerajaan Kutai terletak di tepi sungai Mahakam atau Sungai Kutai di Kalimantan Timur. Sungai terbesar di Kalimantan Timur itu Memiliki tiga anak sungai yang juga cukup Besar dan menghubungkan daerah pegunungan dengan Muarakaman. Sementara itu dekat Sungai Mahakam bertemu dengan anak sungainya terdapat tiga buah danau yang merupakan tempat penampungan air. Di daerah itu terletak Muarakaman tempat diketemuka Prasasti Kutai dari abad 5 M dan mungkin merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Kutai. Dengan hasil alam yang melimpah, daerah itu dapat memasarkan barang dagang dengan bangsa Hindu. Tentunya Muarakaman dalam abad 5 M belum begitu jauh letaknya dari laut.

Kerajaan Kutai meninggalkan 7 Yupa yaitu tugu yang bertulis suatu peringatan upacara korban. Huruf yang dipergunakan Pallawa dan bahasa Sansekerta. Prasasti-prasasti itu berisi :

a. Sang Maharaja Kundunga yang mempunyai anak Sang Aswawarman. Ia pembentuk keluarga yang mempunyai tiga anak, yang terkenal adalah Mulawarman. Ia seorang yang berperadaban baik, kuat dan kuasa. Kaum Brahmana mengadakan tugu peringatan untuk memperingati selamatan yang diadakan oleh Mulawarman.

b. Raja Mulawarman memberikan hadiah tanah dan 20.000 ekor sapi untuk kaum Brahmana. untuk itu kaum brahmana mengadakan tanda peringatan.

Dari prasasti-prasasti tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Kundunga masih mempergunakan nama asli Indonesia, sedangkan keturunannya telah mempergunakan nama hindu. Di kerajaan itu telah dianut agama hindu, sebab dalam prasasti disebut nama Ansuman yaitu Dewa Matahari dalam agama Hindu.

Kerajaan Kutai yang merupakan kerajaan tertua dan pembuka sejarah Indonesia itu tidak meninggalkan berita lainnya. Mundurnya kerajaan itu disebabkan mungkin karena daerah itu ditinggalkan oleh pedagang bangsa hindu, karena mereka mementingkan hubungan dagangnya dengan cina. ada yang menyebut kerajaan itu masuk daerah pedalaman akibat gangguan keamanan oleh bajak-bajak laut. Baru dalam abad 19 diketahui lagi adanya Kesultanan Kutai di Daerah Kalimantan Timur.

0

Posting Komentar

Site Info

Free PageRank Checker