Jaman Indonesia Hindu




Indonesia dalam Jaman Sejarah

Sejak abad pertama Masehi, Indonesia telah berhubungan dengan india untuk dagang. Sebelum masa itu bangsa Hindu telah berdagang dengan daerah Timur Tengah. Setelah daerah Timur Tengah dikuasai oleh bangsa Romawi, oleh Kaisar Vespasianus dikeluarkan larangan membawa uang emas dari wilayah kekuasaanya. Akibat dari larangan tersebut bangsa hindu mengalihkan perhatian ke timur, yaitu ke daerah Asia Tenggara yang diperkirakan memiliki emas cukup banyak. Selain emas yang banyak terdapat di Sumatra, Indonesia juga memiliki bahan-bahan lain yang diperlukan oleh bangsa Hindu. Seperti kayu cendana, kayu gaharu, cengkeh, lada. Sedangkan dari India pedagang-pedagang membawa hasil negerinya yang juga di perlukan Indonesia seperti wangi-wangian, tekstil, mutiara, barang-barang kaca, permata.
Kerajaan-kerajaan yang banyak berhubungan dengan bangsa Hindu adalah kerajaan yang pusatnya di tepi sungai atau di tepi pantai.
Sebelum bangsa Indonesia berhubungan dengan bangsa Hindu, bangsa Indonesia telah memiliki kebudayaan asli dari Jaman Prasejarah. Selain kebudayaan bendaniah, kebudayaan rokhaniah juga telah dimikinya. Kedatangan bangsa hindu terlah memperkaya kebudayaan Indonesia dengan tulisan berujud prasasti. Prasasti Indonesia yang tertua ditemukan di daerah Kutai, ditulis dengan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta yang berasal dari India. Tidak ada angka tahunnya, tetapi berdasarkan bentuk tulisannya dapatlah di ketahui bahwa prasasti itu berasal dari abad 5 Masehi. Dengan adanya prasasti Kutai dapatlah dikatakan secara pasti, bahwa bangsa Indonesia Memasuki Jaman Sejarah abad 5 Masehi. Selama 10 abad pengaruh kebudayaan Hindu atas kebudayaan Indonesia sangat besar dan periodenya disebut Jaman Indonesia Hindu

0

Posting Komentar

Site Info

Free PageRank Checker