InsMatrix

Pesona Istimewa Halmahera Barat

Berbicara tentang keindahan alam Indonesia seakan tidak ada hentinya. Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang masing-masing pulau menyimpan keindahan dan ke eksotikan tersendiri, membuat Indonesia menjadi salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.
Jika anda berkunjung ke Maluku tepatnya Jailolo yang terletak di Halmahera barat yang memiliki pesona keindahan alam yang mengagumkan, suasa alam yang begitu eksotik, kebudayaan tradisional adalah sebagian daya tarik dari Jailolo ini.

Halmahera Barat dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat selama satu jam dari Kota Ternate. Perjalanan yang lama dijamin tak membuat bosan. Pasalnya sejauh mata memandang terlihat untaian pulau-pulau kecil yang lebat dipenuhi bakau. Selain itu, terumbu karang dapat terlihat dari permukaan. Tentunya keadaan seperti ini menjadi nilai tambah daya tarik Jailolo.
Banyak sekali pilihan wisata yang menyenangkan seperti snorkeling atau berlayar dengan perahu nelayan. Pesona yang disuguhkan begitu memukau gugusan tebing menjulang berselimut hijau pepohonan, orisinalitas alamnya dan keindahan alam bawah lautnya yang begitu memukau.

Beragam jenis terumbu karang dan puluhan spesies ikan tinggal di bawah laut Halmahera Barat. Ada ikan nemo yang bersembunyi di rumahnya yang unik. Ada ikan lion fish dan juga belut laut. Perlu pengelolaan lebih maksimal lagi sehingga keindahan alam bawah laut Halmahera Barat lebih menarik.


Wisata daerah ini tidak hanya sekadar objek bahari yang menawan. Selain perairan yang mempesona, Halmahera Barat mempunyai daya tarik tersendiri salah satunya festival seni dan budaya yang merupakan kebanggaan mereka yaitu Festival Teluk Jailolo. Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun.




Salah satu acara yang selalu ditunggu-tunggu adalah kabaret on the sea. Acara ini adalah pertunjukan kolosal dengan mengusung cerita yang sarat pedoman hidup. Harmonisasi warna warni alam yang elok diiringi aksi musikal yang menawan. Konsep kostum yang tak biasa dan panggung besar mengapung di atas laut.

Ternate yang dikelilingi gunung dan lautan menjadikannya begitu eksotis. Selain alam, budaya lokal juga terjaga. Warga bangga akan kebudayaan mereka termasuk kuliner tradisional. Salah satu kuliner khas adalah ikan bakar kuah soru dan popeda. Popeda terbuat dari campuran sagu yang sangat liat.

Permainan tradisional di Ternate salah satunya bambu gila. Bambu yang dijadikan alat seakan memiliki keinginan sendiri dan tidak dapat dikendalikan. Beberapa pemuda yang memegang bambu dibuat terpontang-panting dan bermandikan keringat. Unsur magis sangat kuat dalam permainan bambu gila.

0

Posting Komentar

Site Info

Free PageRank Checker
SekolahFOREX.Net