7 Langkah hilangkan Stres

SeributawaNews - Stres adalah salah satu penyakit mental pada manusia. Stres diakibatkan karena tidak terkontrolnya emosi seseorang, akibat pengaruh-pengaruh mental yang banyak seperti kesibukan di kantor mengakibatkan kelelahan fisik yang berakibat turunnya konsentrasi yang mengakibatkan tidak terselesaikannya pekerjaan kantor. Stres sebenarnya dapat dihindari, berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan stres pada diri anda :
1. Kenali tanda-tandanya
Pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali gejala-gejala stres itu sendiri. Ini memang sulit untuk dideteksi,  namun demikian anda dapat segera menyadarinya ketika perasaan anda mulai tidak nyaman, ada rasa takut, cemas, bingung, kecewa dan masih banyak lagi hal lainnya. Setelah anda menyadarinya bersikaplah tenang, berpikirlah positif jangan biarkan apa yang anda rasakan itu menguasai diri anda sepenuhnya.


2. Alihkan pikiran

Mengalihkan pikiran adalah cara terbaik untuk menghindari timbulnya rasa stres yang berlebihan, alihkan pikiran anda pada hal-hal yang menyenangkan seperti mendengarkan musik favorit, pergi jalan-jalan, main bersama teman ataupun bercanda dengan adik anda. Hal ini akan mengurangi tingkat stres yang anda rasakan, semakin anda senang maka semakin pulih pula kejiwaan anda sehingga stres yang anda alami akan terasa lebih mudah untuk diatasi.

3. Aktivitas fisik

Lakukanlah aktivitas fisik yang menyenangkan seperti bermain bola, berolahraga, pergi fitnes, atau aktivitas-aktivitas fisik lainnya yang menyenangkan. Aktivitas fisik yang baik membuat metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga suasana yang baik akan sangat mudah untuk dirasakan. Saat stres biasanya kebanyakan orang menghindari aktivitas-aktivitas fisik mereka lebih senang duduk memikirkan pemecahan masalah yang masih belum menemukan jalan keluarnya sehingga membuat otot-otot tubuh menjadi lemah. Berolahraga dapat menurunkan kadar hormon stres di dalam tubuh sehingga tubuh dapat dengan mudah menyeimbangkan atau memulihkan kondisinya

4. Ngemil sehat

Ngemil adalah cara ampuh untuk mengurangi stres yang dialami, terlebih jika anda memakan cokelat yang sudah kbanayak orang ketahui bahwa memakan cokelat dapat mengurangi stres. Pilihlah cemilan-cemilan yang sehat sehingga metabolisme tubuh andapun tetap terjaga.

5. Telepon teman

Anda dapat menelepon teman dekat anda untuk meminta dia memberikan solusi terbaik dalam mengatasi masalah anda. Mengungkapkan apa yang menjadi kegelisahan kita kepada orang lain membuat tubuh kita melepaskan semua kegelisahan.

6. Pergi rekreasi
Pergilah ketempat-tempat yang memiliki suasana yang damai, seperti pergi berwisata ke taman, cagar alam, outbon dan tempat-tempat rekreasi yang membuat diri anda jauh lebih baik.

7. Persiapkan diri untuk tidur

Stres juga dapat dihilangkan dengan tidur. Saat kita tidur kita memasuki alam relaksasi yang nyaman, semua otot-otot tubuh yang tegang akan mudah dipulihkan sehingga kebanyakan orang akan merasakan kenyamanan setelah bangun tidur.
Langkah-langkah menghindari stres ini merupakan cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan atau mengurangi tingkat stres yang anda alami.
Terima kasih semoga bermanfaat.

0

Posting Komentar

Site Info

Free PageRank Checker