Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Kacang hijau atau Phaseolus aureus berasal dari keluarga Leguminoseae. Kacang hijau dapat menghasilkan berbagai masakan, mulai dari berbagai makanan kecil dan bubur. Selain rasa gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambah (Toge) memiliki banyak manfaat kesehatan.

Nutrisi Penting
Kandungan protein cukup tinggi dan sumber mineral penting, antara lain, kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara kandungan lemak tak jenuh asam lemak, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan. Tidak heran kacang hijau yang biasa digunakan sebagai menu snack snack sehat bagi mereka yang berdiet.




Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisional, ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan memiliki rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik, terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein.

Kalsium dan fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat penguatan gigi.

Rendah Lemak
Cocok bagi orang-orang yang ingin menghindari konsumsi lemak sangat tinggi. Rendah kandungan lemak dalam kacang hijau menyebabkan makanan / minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Lemak kacang hijau terdiri dari 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.
Mengkonsumsi kacang hijau (ijo) adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, untuk itu sangat dianjurkan untuk ibu-ibu hamim untuk selalu mengkonsumsi kacang hijau. Banyak sekali cara pengolahan kacang hijau menjadi makanan-makanan yang menggugah selera contoh kecilnya adalah di jadikan bubur kacang ijo.
Semoga Info ini dapat bermanfaat.
Salam hidup sehat !!!

0

Posting Komentar

Site Info

Free PageRank Checker